Penjajakan Kerjasama dengan MICROS-Fidelio

Greacesia Alexandra (kelima dari kiri) perwakilan PT Micros Fidelio Indonesia berfoto dengan jajaran Prodi D3 Perhotelan.
Greacesia Alexandra (kelima dari kiri) perwakilan PT Micros Fidelio Indonesia berfoto dengan jajaran Prodi D3 Perhotelan.

Pada hari pertama pasca libur lebaran, Program Studi D3 Perhotelan langsung memulai aktivitas dengan melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Micros Fidelio Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Ibu Greacesia Alexandra yang berkunjung ke kampus Fakultas Ilmu Terapan (27/7/2015).

Kerjasama yang dijajaki adalah tentang peluang dalam memanfaatkan produk Opera, berupa Property Management System (PMS) yang saat ini telah digunakan oleh mayoritas hotel yang memiliki international chain. “Rata-rata pengguna Opera adalah hotel berbintang 4 dan 5” ungkap Greace. Opera yang akan digunakan oleh Program Studi D3 Perhotelan adalah edisi yang didesain khusus untuk pendidikan, sehingga dari sisi harga dan fasilitas pendukungnya akan berbeda dengan versi komersial, sehingga mahasiswa akan tetap dapat memanfaatkan produk ini secara utuh tanpa adanya pembatasan fitur-fitur tertentu.

Semenjak Micros-Fidelio diakuisisi oleh Oracle, mereka mengembangkan PMS Opera sebagai pengganti Fidelio yang sejak tahun 2007 telah dihentikan aktivitas pendukungnya. “Seluruh hotel yang telah menggunakan Fidelio sudah disarankan untuk melakukan migrasi ke Opera”, pungkas Greace. Opera berjalan pada platform Oracle yang sudah dikenal sebagai salah satu produsen Database Management System yang handal.

Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Telkom University untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan juga berstandar internasional. Mahasiswa akan belajar menggunakan aplikasi yang juga digunakan oleh industri, sehingga nanti setelah mereka lulus akan cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang profesional di hotel-hotel bintang 4 dan 5.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *