Pelatihan Produk Patiseri Berbasis Ubi Ungu sebagai Bahan Padatan Bukan Lemak di Kabupaten Bandung Oleh Dosen D3 Perhotelan Dendi Gusnadi dan Suryana Heryawan Achmad

Pengabdian kepada masyarakat ini diperuntukan untuk Ibu/Bapak  penjual maupun petani ubi yang kebanyakan yang merupakan warga di sekitaran Kabupaten Bandung. Dalam pengabdian masyarakat ini ada dua dosen yang terlibat yakni Dendi Gusnadi dan Suryana heryawan Ahmad. Adapun mahasiswa yang terlibat adalah  Mahasiswa semester tiga prodi perhotelan yakni Reivaldi, Fakhira dan Nisa. permasalah yang terjadi pada masyarakat yang kami sasar adalah keterbatasan edukasi tentang inovasi dan keterampilan dalam inovasi pengolahan produk dari ubi ungu sehingga mereka tidak dapat mengembangkan diri dalam kegiatan wirausaha ataupun melakukan pengembangan produk untuk membantu para petani dan pengusaha dalam mengembangkan produknya.

Solusi yang kami tawarkan untuk dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berinovasi dalam produk pastry dalam hal ini produk ice cream adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan produk patiseri berbasis pemanfaatan ubi ungu sebagai pengganti bahan padatan bukan lemak. Dengan pelatihan yang diberikan, diharapkan dapat memberdayakan ibu bapak disana dengan membekali mereka keterampilan agar dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, meningkatkan kemampuan dalam mensejahterakan keluarga, menambah keterampilan tentang  pembuatan produk pastry, memberikan bekal untuk memulai berwirausaha, dan memberi kesempatan kepada ibu/bapak  petani ubi untuk mencoba secara langsung pembuatan inovasi pembuatan produk ice cream berbasis pemanfaatan ubi ungu dan langsung mencicipi produk yang dihasilkan sehingga mereka dapat mengukur tingkat keterampilan dalam pengolahan Ubi. Metode pelaksanaan pelatihan ini berupa baking class, dilaksanakan ditempat di Dapur Diploma Tiga  Perhotelan Telkom University, alasan mengapa pelatihan diadakan di dapur Diploma Tiga Perhotelan adalah untuk mengenalkan pada para peserta tentang peralatan modern dalam proses pengolahan ice cream, mengingat fasilitas dapur yang ada di Telkom University sudah representratif dan berstandar internasional. Pada saat acara berlangsung peserta yang terlibat dibatasi sekitar 20 Orang untuk disesuaikan dengan alat dan fasilitas yang ada.  Ibu dan Bapak akan dibagi dalam 5 kelompok dan masing – masing kelompok akan membaut produk ice cream. Selain membuat Inovasi produk ice cream berbasis ubi jalar para peserta juga akan di edukasi dalam membuat produk dari pemanfaatan ubi ungu disesuaikan dengan minat pasar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *