PELATIHAN INOVASI PRODUK PADA KOPI BAGI PARA PETANI KOPI DI GUNUNG PUNTANG KAB. BANDUNG

Masyarakat sasar yang diajukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah para petani kopi di Gn. Puntang Kab. Bandung. Adapun permasalah yang terjadi pada masyarakat yang kami sasar adalah pekerjaan sebagai petani kopi yang menghasilkan pendapatan tidak seberapa setiap bulannya bagi para petani kopi dengan pekerjaan yang tergolong berat. Hal tersebut menjadikan mereka hidup dalam keterbatasan.

Pelatihan ini diharapkan mamu memberikan keterampilan bagi para petani kopi di Gn. Puntang Kab. Bandung agar memiliki keterampilan lain dengan harapan keterampilan yang akan kami berikan mampu menjadi bekal bagi  para petani kopi ibu sebagai bekal untuk memulai usaha sendiri. Dalam pengabdian masyarakat kali ini kami mencoba memanfaatkan kopi sebagai komoditi utama di Gn. Puntang Kab. Bandung sebagai bahan dari produk yang akan dikembangkan.

Pengabdian masyarakat yang kami laksanakan ini memiliki maksud untuk membekali warga sebuah keahlian yaitu inovasi pada produk kopi sebagai hasil bumi di Gn. Puntang Kab. Bandung,  dengan harapan kopi sebagai komoditi utama dapat dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai produk inovasi sehingga para petani dapat dengan mudah mengaplikasikan keterampilan yang diterima untuk menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Apabila kesejahteraan keluarga meningkat, diharapkan pada masa depan keluarga termasuk anak-anak punya masa depan yang lebih baik. Sehingga dampak dari pelatihan ini dapat dirasakan oleh seluruh bagian dari keluarga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *