PENCAPAIAN NILAI

  • Kemampuan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperan sebagai warga negara yang cinta tanah air,bertanggung jawab pada negera, taat hukum dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

  • Kemampuan menginternalisasi nilai, norma, etika akademik, semangat kemandirian, kewirausahaan dengan nilai-nilai integritas, sikap responsif, terpercaya, professional (Global Code of Ethic of Tourism), dan memiliki berkepribadian Indonesia dalam menjalankan tugasnya.

  • Kemampuan menguasai prinsip-prinsip, teknik dan pengetahuan prosedural pengelolaan divisi kamar meliputi layanan pemesanan kamar, kedatangan, masa tinggal dan keberangkatan tamu, penanganan pengetahuan prosedural pembersihan, penyiapan area umum, kamar tamu, linen dan laundry serta persediaan kebutuhan tamu (guest supplies).

  • Kemampuan menguasai konsep teoritis pelaksanaan pengolahan masakan, minuman dan patiseri secara umum, prinsip-prinsip, sistem kerja dan teknik membaca resep, serta pengetahuan prosedural pengolahan masakan dan patiseri nusantara, oriental, dan continental (masing-masing minimal 3 resep)serta cara penyajiannya dengan memperhatikan konsep jenis pelayanan untuk kebutuhan tamu pada bidang layanan makanan dan minuman.

  • Kemampuan menguasai secara umum konsep teoritis tentang fungsi dasar manajemen, kesehatan

    lingkungan, sistem manajerial perhotelan dan ilmu kepariwisataan.

  • Kemampuan menyelesaikan pekerjaan memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya.

  • Kemampuan bekerja sama, bertanggungjawab atas pencapaian hasil kelompok dan melakukan supervisi, evaluasi terhadap diri dan penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan serta menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih dengan mengkomunikasikannya dengan pihak lain. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

  • Kemampuan mengimplementasikan operasional divisi kamar dengan memberikan pelayanan prima dalam operasional hotel dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja keragaman budaya, kearifan budaya lokal, dan representasi budaya dalam proses pelayanan : meliputi kemampuan meliputi kemampuan: pemesanan kamar, kedatanganan, masa tinngal dan keberangkatan tamu berbasis teknologi informasi serta menyediakan kamar tamu dan area umum, mengelola dan menyediakan logistik linen dan binatu, persediaan standar (guest supplies), persediaan tambahan permintaan tamu.

  • Kemampuan mengolah dan menyajikan makanan, minuman dan patiseri ; mampu membuat, mempresentasikan produk kue dan makanan nusantara, oriental dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (food hygiene) dan memenuhi nilai estetika dan menerapkan K3 di lingkungan kerja serta mengimplementasikan operasional layanan makanan dan minuman di hotel (restoran, bar, layanan makanan di kamar, dan banquet) sesuai dengan standard pada butir satu dan memenuhi batas kepatutan survei kepuasan pelanggan di dalam suatu simulasi kerja.

  • Kemampuan melakukan dan menimpmentsikan jiwa wirausaha atau menjalankan sistem manajerial dan mempromosikan produk hotel, meliputi makanan, minuman, kamar dan ruang meeting dengan teknik komunikasi efektif dan persuasif untuk bekerja sesuai dengan SOP. Mampu berkomunikasi minimal menggunakan satu bahasa Internasional.