PELATIHAN DEEP BATROOM CLEANING DAN GLASS CLEANING KAB BANDUNG

PELATIHAN DEEP BATROOM CLEANING DAN GLASS CLEANING KAB BANDUNG

Pengabdian masyarakat ini dilaksnakan terhadap pengurus masjid Permata Iman yang terletak dikomplek Permata Buah Batu, yang merupakan tempat berkumpunya jemah dari komplek maupunluar koplek yang keberadaaannya sangat strategis, baik untuk kegiatan beribadah solat wajib maupun ibadah sunat lainnya.Masjid permata iman termasuk wilayanh desa lengkong, kecamatan bojong soang, kabupaten Bandung. Selain untuk sholat, masjid ini juga digunakan untuk beberapa majelis pengajian yang rutin dilaksanakan di masjid ini .DI bawah ini adalah salah satu tempat , TPA/PAUD kegiatan pengajian yang rutin dilaksanakan.

Kondisi fasilitas masjid terutama tempat wudhu dan toilet yang ada di masjid tersebut terbilang sangat kotor, karena pembersihan rutin yang kurang maksimal. Pembersihan berkala biasa tidak mampu membersihkan kerak-kerak air pada keramik tempat wudhu, keramik lantai, closet, stainless steel pada keran air dan atribut toilet lainnya. Hal ini disebabkan oleh kondisi air yang buruk dan kurangnya pemahaman pengurus masjid akan proses pembersihan yang baik dan benar.

Pelatihan Deef Cleaning Bthroom dan glass cleaning di Masjid  Permata Iman ini terdiri dari Persiapan baik peralatan dan personalia dari pihak masjid sebagai masyarkat sasar, dilanjutkan dengan pemaparan modul oleh pemateri sesuaikan dengan bahan kajian yangtelah ditentukan, dilanjukan degan praktik di tempak yang telah ditentukan diantaranya ruang kamar mandi yang terdiri dari dua kamar mandi yang cukup luas dan tempat wudhu, juga pembersihan kaca. Pada umunya pelatihan dilakukan satu hari dimulai dengan kegiatan memberikan materi pelatihan di dalam masjid yang diikuti para peserta pelatihan hal ini dilakukan supaya mengetahui prosedur yang tepat dalam pelaksaanaannya. Praktikum di tempat dilakukan berdasarkan metoda yang ada di bahan pelatihan terutama jangan salah dalam penggunaan obat termasuk ukuran atau takaran pengunaannya karena jika salah akan menjadi fatal dan merusak benda yang sedang dibersihkan, olehkarena itu akan di berikan contoh dulu dan di damping oleh instruktur berpengalaman.

Berikut gambaran umum kegiatan Persiapan Kerja:

  1. Persiapan terbagi dalam persiapan materi pelatihan dan persiapan Suplies & Equipment Persiapan Materi (Sesi Teori Pelatihan 1 x 60 Menit)
  2. Deep Cleaning Bathroom
  3. Glass cleaning( noda-noda dikaca, dan fanel –fanel )
  4. Deep Cleaning Tempat Wudhu ( Lantai, Stainless/ Keran air, diding ).
  5. Persiapan untuk peralatan Deep cleaning Batroom

Metode pelaksanaan pelatihan ini berupa simulasi, dilaksanakan ditempat di lokasi abdimas di masjid Permata Iman, desa lengkong, kecamatan bojong soang Kabupaten Bandung, Pada saat acara berlangsung peserta yang terlibat dibatasi sekitar 20 Orang untuk disesuaikan dengan alat dan fasilitas yang ada. Ibu dan Bapak akan dibagi dalam 5 kelompok dan masing – masing kelompok akan memulai prosedur deep cleaning di lokasi peangabdian masyarakat.

DHO Team

Leave a Reply

Your email address will not be published.