Prodi D3 Perhotelan Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan Tema “ Pelatihan Penyediaan Fasilitas Food & Bavarage Service di Fanny Inn Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat”

Prodi D3 Perhotelan Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan Tema “ Pelatihan Penyediaan Fasilitas Food & Bavarage Service di Fanny Inn Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat”

Perkembangan ekonomi semakin berkembang pesat dengan adanya peningkatan bisnis yang bergerak di industri pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu insdutri yang menghasilkan devisa bagi negara, serta mampu mendorong pertumbuhan dan pembangunan wilayah. Pariwisata juga mempengaruhi perekonomian berbagai lapisan masyarakat. Namun demikian, perlu disadari bahwa upaya-upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat yang kami usung adalah sebuah upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat, secara sistematik dan terus menerus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan.

Fanny inn, adalah salah satu pengelola jasa akomodasi di pangandaran. Untuk usaha akomodasi, beberapa sudah menyediakan fasilitas food and beverage service, namun untuk sarana akomodasi pada level penginapan jarang ditemui adanya food and beverage service padahal food and beverage merupakan sebuah kebutuhan dasar dimana wisatawan perlu makan dan minum saat berwisata. Oleh karena itu kami dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Diploma Tiga Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, berupaya untuk ikut berkontribusi membantu memberikan pengetahuan mengenai penyediaan fasilitas food and beverage service, dalam program pelatihan dengan tajuk “ Pelatihan Penyediaan Fasilitas Food & Bavarage Service di Fanny Inn Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat”.

 

  1. Dalam pelatihan ini masyarakat sasar dilatih untuk dapat menyediakan produk dan layanan food and beverage. Pelatihan yang akan dilaksanakan berupa:
  2. Pengetahuan pembuatan menu breakfast
  3. Pelatihan pembuatan menu breakfast
  4. Standar pelayanan makan dan minum
  5. Pelatihan service food and beverage

             Hasil feedback dari kegiatan Pelatihan ini dapat dilihat melalui rekap hasil kuesioner peserta. Dari 30 orang peserta yang mengisi kuesioner. Dapat diketahui bahwa kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dan diikuti secara antusias oleh Pengelola Hotel Fanny Inn Pangandaran. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai kuesioner, dimana sebanyak 61% menyatakan sangat setuju dan 39% menyatakan setuju atas terlaksananya kegiatan ini.

 

Berdasarkan kuesioner, dapat diketahui bahwa masyarakat sasar yang mengikuti pengabdian masyarakat  sangat antusias dengan terselenggaranya pengabdian masyarakat yang digelar oleh tim dosen Prodi D3 Perhotelan Telkom University. Hal tersebut dapat diketahui dari berbagai saran yang diberikan kepada tim pelaksana. Sebagian besar peserta menginginkan agar kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat secara rutin terselenggara, karena dinilai memberikan nilai manfaat yang tinggi. Pengelola hotel Fanny Inn Pangandaran, Jawa Barat sebagai peserta pengabdian masyarakat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru yang dapat diimplementasikan dalam pengelolaanfood and beverage produk dan service.

Perkembangan ekonomi semakin berkembang pesat dengan adanya peningkatan bisnis yang bergerak di industri pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu insdutri yang menghasilkan devisa bagi negara, serta mampu mendorong pertumbuhan dan pembangunan wilayah. Pariwisata juga mempengaruhi perekonomian berbagai lapisan masyarakat. Namun demikian, perlu disadari bahwa upaya-upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat yang kami usung adalah sebuah upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat, secara sistematik dan terus menerus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan.

 

Fanny inn, adalah salah satu pengelola jasa akomodasi di pangandaran. Untuk usaha akomodasi, beberapa sudah menyediakan fasilitas food and beverage service, namun untuk sarana akomodasi pada level penginapan jarang ditemui adanya food and beverage service padahal food and beverage merupakan sebuah kebutuhan dasar dimana wisatawan perlu makan dan minum saat berwisata. Oleh karena itu kami dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Diploma Tiga Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, berupaya untuk ikut berkontribusi membantu memberikan pengetahuan mengenai penyediaan fasilitas food and beverage service, dalam program pelatihan dengan tajuk “ Pelatihan Penyediaan Fasilitas Food & Bavarage Service di Fanny Inn Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat”.

 

Dalam pelatihan ini masyarakat sasar dilatih untuk dapat menyediakan produk dan layanan food and beverage. Pelatihan yang akan dilaksanakan berupa:

  1. Pengetahuan pembuatan menu breakfat
  2. Pelatihan pembuatan menu breakfast
  3. Standar pelayanan makan dan minum
  4. Pelatihan service food and beverage

Hasil feedback dari kegiatan Pelatihan ini dapat dilihat melalui rekap hasil kuesioner peserta. Dari 30 orang peserta yang mengisi kuesioner. Dapat diketahui bahwa kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dan diikuti secara antusias oleh Pengelola Hotel Fanny Inn Pangandaran. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai kuesioner, dimana sebanyak 61% menyatakan sangat setuju dan 39% menyatakan setuju atas terlaksananya kegiatan ini.

Berdasarkan kuesioner, dapat diketahui bahwa masyarakat sasar yang mengikuti pengabdian masyarakat  sangat antusias dengan terselenggaranya pengabdian masyarakat yang digelar oleh tim dosen Prodi D3 Perhotelan Telkom University. Hal tersebut dapat diketahui dari berbagai saran yang diberikan kepada tim pelaksana. Sebagian besar peserta menginginkan agar kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat secara rutin terselenggara, karena dinilai memberikan nilai manfaat yang tinggi. Pengelola hotel Fanny Inn Pangandaran, Jawa Barat sebagai peserta pengabdian masyarakat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru yang dapat diimplementasikan dalam pengelolaanfood and beverage produk dan service.

 

DHO Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *