Prodi D3 Perhotelan Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “ Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Bagi Guru dan Murid Di SMKN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, Jawa Barat”.

Prodi D3 Perhotelan Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “ Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Bagi Guru dan Murid Di SMKN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, Jawa Barat”.

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diandalkan pemerintah untuk memperoleh devisa. Persaingan di antara SDM pariwisata juga semakin ketat. Karena itu keterlibatan SMK Pariwisata dalam mencetak lulusan bersertifikasi sangat diperlukan. Untuk menyiapkan SDM yang sudah tersertifikasi, lulusan perguruan tinggi dan industri dianggap belum memenuhi kebutuhan SDM. Oleh karena itu pemerintah mengharapkan lulusan SMK dapat menghasilkan lulusan yang tersertifikasi. Keterlibatan SMK Pariwisata sangat diharapkan untuk memenuhi SDM yang tersertifikasi dengan standar regional.         Untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kurikulum yang diberikan pada siswa-siswi SMK Pariwisata juga harus diberi pengayaan yang memenuhi standar ASEAN. Pada umumnya SMK dinilai kurang dapat memberikan kecakapan kejuruan yang diperlukan dunia industri. Bahkan ada perusahaan yang memilih merekrut lulusan SMA dan kemudian dilengkapi dengan latihan sendiri dalam perusahaan, ketimbang merekrut lulusan SMK.

Perkembangan industri pariwisata yang semakin berkembang, hendaknya disikapi oleh setiap institusi pendidikan yang menawarkan pendidikan pariwisata dengan memberikan pendidikan pariwisata terbaik sesuai kebutuhan industri. Salah satunya adalah SMKN 1 Cilimus. Salah satu program studi di SMKN 1 Cilimus adalah prodi usaha perjalanan wisata. Prodi usaha perjalanan wisata membekali siswa kompetensi bagaimana mengelola perjalanan wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata. Salah satu kompetensinya adalah kemampuan membuat paket wisata.  Paket wisata (package tour) adalah produk perjalanan yang dijual oleh suatu perusahaan biro perjalanan atau perusahaan transport yang bekerja sama dengannya dimana harga paket wisata tersebut telah mencakup biaya perjalanan, hotel ataupun fasilitas lainnya. Paket wisata merupakan sebuah produk utama bisinis usaha jasa perjalanan wisata yang harus dimiliki oleh sebuah agen perjalanan wisata. Pentingnya kompetensi  dalam pembuatan paket wisata, mendorong kami dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Diploma Tiga Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, untuk i membantu memberikan pengetahuan mengenai pembuatan paket wisata dalam program pelatihan dengan tajuk “ Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Bagi Guru dan Murid Di SMKN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, Jawa Barat”.

Pengabdian masyarakat Di Smkn 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dilakukan dengan mengadakan workshop dimana guru dan siswa diberikan materi tentang penyusunan sebuah paket wisata yang dapat dijual oleh sebuah biro perjalanan wisata.

Dalam pelatihan ini masyarakat sasar akan dilatih untuk dapat menyusun paket wisata dengan memperhatikan pola perjalanan wisata yang mendukung pariwisata yang berkelanjutan. Paket perjalanan wisata yang akan dibuat antara lain:

  1. Paket Perjalanan di Destinasi wisata Kuningan
  2. Paket Perjalanan di Destinasi wisata Jawa Barat
  3. Paket Perjalanan di Destinasi wisata Indonesia

Berdasarkan kuesioner, dapat diketahui bahwa masyarakat sasar yang mengikuti pengabdian masyarakat  sangat antusias dengan terselenggaranya pengabdian masyarakat yang digelar oleh tim dosen Prodi D3 Perhotelan Telkom University. Hal tersebut dapat diketahui dari berbagai saran yang diberikan kepada tim pelaksana. Sebagian besar peserta menginginkan agar kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat secara rutin terselenggara, karena dinilai memberikan nilai manfaat yang tinggi. Guru Dan Murid Di Smkn 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sebagai peserta pengabdian masyarakat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru yang dapat diimplementasikan dalam pembuatan paket wisata

 

 

DHO Team

Leave a Reply

Your email address will not be published.