PENGABDIAN MASYARAKAT PATISERI DI SMK Al – AMANAH KAB BANDUNG

PENGABDIAN MASYARAKAT PATISERI DI SMK Al – AMANAH KAB BANDUNG

Masyarakat sasar yang diajukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah siswa siswi sekolah menengah kejuruan Al- Amanah yang ada di Kabupaten Bandung. Sekolah Menengah Kejuruan Al-Amanah memiliki kegiatan Ekstrakulikuler Tata Boga dan Patiseri, dimana hal tersebut adalah pengembangan dari jurusan yang ada di SMK Al-Amanah yakni Akomodasi Perhotelan dan Adiministrasi Pariwisata. Adapun permasalah yang terjadi pada masyarakat yang kami sasar adalah keterbatasan edukasi, inovasi dan kreatifitas pengolahan produk patiseri dimana masih terbatasnya knowledge maupun equipment dan utensil di SMK Al-Amanah. Sehingga siswa- siswi disana kesulitan dalam mengembangan kemampuan dan kreatifitas dalam mengembangan produk patiseri. Yang akan menjadi peserta pengabdian masyarakat kali ini adalah siswa siswi kelas kelas 11, dimana kelas 11 ini adalah siswa dan siswi yang dipersiapkan untuk menghadai on the job training atau praktek kerja magang di hotel atau di industry kuliner. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah :

  1. Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan praktis yang dapat digunakan untuk menambah kemampuan dalam membuat makanan dalah hal ini produk patiseri dan pengaplikasian keamanan kebersihan dan sanitasi produk.
  2. Memberikan pengetahuan kepada para para siswa untuk lebih mengenal keamanan dan kebersihan produk, personal dan dapur.

Solusi yang kami tawarkan untuk dapat membantu meningkatkan kompentensi siswa siswi di SMK Al- Amanah adalah dengan memberikan pelatihan Knowledge tentang pelatihan keamanan, kebersihan dan sanitasi dapur, air, orang dan peralatan kerja setelah siswa sisiwi diberikan pengetahuan akan pentingnya menjaga dan membersihkan peralatan/ equipment dan utensil, kami berencana memberikan peralatan patiseri yang belum ada disana, seperti alat suntik untuk jeli art, docker roller untuk pizza dan plastikm silvat untuk dekorasi cokelat. Dengan pemberian peralatan dan pelatihan yang diberikan, diharapkan dapat memberdayakan siswa siswi smk Al amanah dengan membekali mereka keterampilan agar dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, meningkatkan kesadaran, kemampuan dalam pengolahan patiseri, menambah keterampilan dan kecakapan dalam operasional dapur , memberikan bekal untuk memulai berwirausaha, dan memberi kesempatan kepada siswa siswi SMK Al amanah melakukan langsung praktik keamanan, kebersihan dan sanitasi dan Teknik pengolahan patiseri. Selain itu solusi dalam pengabdian masyarakat ini adalah :

  1. Meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam pembuatan membuat inovasi produk patiseri
  2. Meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam penyusunan pola pengajaran patiseri yang mendukung pariwisata berkelanjutan
  3. Meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam penggunaan peralatan baru di dunia Patiseri.
  4. Meningkatkan posisi guru dan murid sebagai penerima manfaat yang sebesar- besarnya dari pengembangan kegiatan kepariwisataan. Dengan ilmu patiseri Sejalan perkembangan paradigma pembangunan yang menekankan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat serta orientasi pembangunan

DHO Team

Leave a Reply

Your email address will not be published.