Berdasarkan ketetapan KKNI level 6 dan Undang-Undang Kepariwisataan Bab XII pasal 53 tentang standarisasi sertifikasi tenaga kerja bahwa Dilploma IV atau Sarjana Terapan Perhotelan adalah :

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. 

  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. 

  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. 

  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Profil lulusan D4 Manajemen Perhotelan dirumuskan dengan membagi empat bidang besar yang ada pada hotel yakni Kantor Depan (Front Office), Tata graha (Housekeeping), Food & Beverages Service (Tata Hidang) dan Food  & Beverages Product. Dari ke empat bidang tersebut maka dapat ditentukan profil lulusan D4 perhotelan adalah sebagai berikut :

Tabel 1. Profil Lulusan dan Deskripsinya

No

Profil Lulusan D4 Perhotelan 

Deskripsi Profil Lulusan

1

Front Office

 
 

Front Office manager 

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan pelayanan kantor depan hotel pelayanan pemesanan kamar, penerimaan, layanan selama menginap dan  penanganan keberangkatan tamu sesuai dengan standar hotel  bintang 5

 

Assistant Front OfficeManager

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan  pelayanan kantor depan hotel untuk mengawasi kelancaran operasional harian kantor depan dan membantu Front Office Manager dalam mengorganisir, memimpin dan berkomunikasi dengan seluruh staf kantor depan sesuai dengan standar hotel  bintang 5.   

 

Front Desk Supervisor

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan  pelayanan kantor depan hotel untuk memberikan layanan penerimaan dan keberangkatan tamu di hotel dengan memberikan petunjuk kepada staff front desk serta mengontrol kode akses komputer di front desk sesuai dengan standar hotel  bintang 5.  

 

Chief Concierge

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan  pelayanan kantor depan hotel untuk bertanggung jawab atas kegiatan seperti memimpin, mengkoordinasi, serta mengawasi petugas operasional room. Chief Concierge memiliki kewajiban dalam memeriksa laporan pelayanan barang tamu check-in dan check-out serta menangani masalah seputar pelayanan tamu, terutama tamu VIP sesuai dengan standar hotel  bintang 5.   

2

Kitchen

 
 

Executive Chef

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan dapur seperti mengecek daftar pesanan barang ke gudang, membuat menu, mengatur dan mengawasi seluruh tugas-tugas dapur. Tugas yang lebih khususnya adalah dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan wajib sesuai dengan standar yang telah ditetapkan termasuk membuat food cost sesuai dengan standar hotel  bintang 5.  

 

Executive Sous Chef

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan dapur untuk membuat jadwal Executive Chef dan bertanggung jawab atas segala keputusan serta menggantikan posisi Executive Chef dalam dapur apabila Executive Chef berhalangan hadir. Executive Sous Chef turut membuat laporan serta ide-ide dengan tujuan untuk mencapai target yang diinginkan oleh restoran sesuai dengan standar hotel  bintang 5. 

 

Chef de Cuisine

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan dapur untuk membuat menu dan resep baru bersama dengan manajer restoran, kemudian mengawasi dan melatih staf, membeli bahan baku, serta mengawasi kebersihan dan persiapan semua makanan yang akan dihidangkan. Peran Chef de Cuisine merupakan bagian penting dalam meningkatkan kualitas makanan disebuah restoran yang ada di hotel sesuai dengan standar hotel  bintang 5.

 

Pastry Chef/ChiefBaker

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan pastry seperti merencanakan, mengatur dan mengawasi pekerjaan didalam pastry, mengatur bahan makanan dan biaya bahan makanan cost control, mengawasi staff pastry dalam pekerjaannya akan penggunaan mesin-mesin secara efisien dan fasilitas pastry lainnya. Bertanggung jawab pada semua persiapan dan pembuatan pastry serta bakery product sesuai dengan standar hotel  bintang 5.

 

Chef de Partie

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan operasional pastry dan mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada beberapa asistennya serta bertanggung jawab kepada Chef Pastry sesuai dengan standar hotel  bintang 5.   

 

Demi Chef

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan dapur dalam menjaga kualitas menu makanan yang dihasilkan dari semua bahan baku yang ada. Demi Chef juga bertanggung jawab sebagai quality controller, mengontrol stok bahan baku serta memastikan semua pekerjaan divisi dalam dapur berjalan dengan lancar dan benar sesuai dengan standar hotel  bintang 5.   

 

Chief Steward

Sarjana Terapan Pariwisata bidang  perhotelan dalam pengelolaan dapur untuk mendaftarkan semua permintaan peralatan memasak yang diperlukan, melakukan distribusi, memastikan tidak ada mikroorganisme yang tertinggal dalam peralatan yang telah dicuci, melakukan kegiatan restocking untuk penyetokan ulang peralatan masak, dan memastikan setiap peralatan, bahan mentah, dan lingkungan bisa dijamin telah menyediakan fungsi kerja bagi chef sesuai dengan standar hotel  bintang 5.  

3

Housekeeping

 
 

ExecutiveHousekeeper

Sarjana Terapan Pariwisata bidang Perhotelan dalam pengelolaan  pelayanan area publik, kamar  linen dan binatu. Executive housekeeper  merupakan pimpinan tertinggi dalam departemen pelayanan area publik, kamar  linen dan binatu sesuai dengan standar hotel bintang 5.

 

Public Area Supervisor

Sarjana Terapan Pariwisata bidang Perhotelan dalam pengelolaan  housekeeping atas kebersihan, kerapian dan pemeliharaan public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room,offices, parking area, swimming pool, public toilet sesuai dengan standard dan prosedur standar hotel bintang 5.

 

Laundry Manager

Sarjana Terapan Pariwisata bidang Perhotelan dalam pengelolaan  seluruh kegiatan maupun pelaksanaan kegiatan proses pencucian di laundry dan dry cleaning sesuai dengan standar hotel bintang 5.

4

Food and Beverage

 
 

F&B Manager

Sarjana Terapan Pariwisata Bidang Perhotelan dalam pengelolaan F&B yang bertanggung jawab dalam menetapkan standar kualitas makanan  dan minuman  untuk disajikan kepada para pengunjung sesuai dengan standar hotel bintang 5 serta pengelolaan 

 

Banquet Manager

Sarjana Terapan Pariwisata Bidang Perhotelan dalam pengelolaan F&B untuk mengoordinasikan penyajian seluruh makanan dan minuman untuk acara-acara yang digelar di hotel serta memastikan persiapan setiap event agar berjalan sempurna dan berperan sebagai Front of House yang memastikan dekorasi, penyajian makanan dan minuman, serta kecepatan pelayanan sesuai dengan standar hotel bintang 5 serta pengelolaan

 

Outlet Manager

Sarjana Terapan Pariwisata Bidang Perhotelan dalam pengelolaan F&B untuk membuat kebijakan operasional yang menyeluruh, seperti merancang rencana promosi atau mengembangkan keterampilan pekerja, di dalam outlet-nya. Selain itu, mengatur jam kerja, mengatur kebutuhan staff, serta posisi dan penempatan staff.

 

Banquet Supervisor

Sarjana Terapan Pariwisata Bidang Perhotelan dalam pengelolaan F&B yang bertanggung jawab kegiatan mulai dari awal acara sampai acara selesai, bekerja sama dengan bagian kitchen dan bagian lainnya agar pekerjaan berjalan dengan lancar, dan membantu bagian banquet manager jika mengalami kesulitan.