PELATIHAN PELAYANAN KEPARIWISATAAN BAGI IBU-IBU PKK RT.06 RW. 07 BLOK 15, SARIJADI SEBAGA BEKAL UNTUK BEKERJA DI INDUSTRI PARIWISATA

Masyarakat sasar yang diajukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ibu-ibu PKK RT. 06 RW.07 Blok 15 Sarijadi. Adapun permasalah yang terjadi pada masyarakat yang kami sasar adalah warga di lingkungan ini perlu dibekali sebuah keahlian agar mampu mengembangkan diri sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Ibu-ibu PKK RT. 06 RW.07 Sebagian besar merupakan ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja.  Melalui Pembinaan  Kesejahteraan  Keluarga (PKK) kaum perempuan dapat memberdayakan dirinya sendiri untuk dapat membangun sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat ikut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Universitas Telkom sebagai salah satu institusi pendidikan di Indonesia berusaha untuk ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah kepada ibu-ibu PKK dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pelatihan yang diberikan. Untuk itu kami dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi D3 Perhotelan Fakultas Ilmu Terapan berupaya untuk ikut berkontribusi membantu memberikan keterampilan kepada ibu-ibu yang tergantung dalam PKK melalui Pelatihan Pelayanan Kepariwisataan Bagi Ibu-ibu PKK RT. 06  RW. 07 Blok 15 Sarijadi Sebagai Bekal Untuk Bekerja Di  Industri Pariwisata. Pengabdian masyarakat yang kami telah laksanakan memiliki maksud untuk membekali warga sebuah pengetahuan yaitu pelayanan kepariwisataan untuk mempersiapkan diri bekerja di industri pariwisata. Mengingat kini banyak bisnis kuliner yang berkembang diwilayah perkotaan maupun pinggiran Kota Bandung, sehingga dibutuhkan pula sumber daya manusia yang menguasai pelayanan dengan keramah tamahan. Pelayanan adalah suatu perlakuan yang baik kepada seseorang yaitu konsumen atau tamu (orang lain), dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan tujuan bahwa konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diterima. Pelayanan menyangkut cara penerimaan yang tulus, keramah tamahan dalam menerima atensi konsumen, tutur kata/ cara berbicara yang ramah dan tindakan lainnya yang dapat membuat konsumen puas.

Pengabdian masyarakat dengan judul Pelatihan Pelayanan Bagi Ibu-ibu PKK RT 06 RW 07 Sarimanah, Sarijadi Sebagai Bekal Untuk Mempersiapkan Diri Bekerja di Industri Pariwisata dilakukan dengan memberikan teori keramah tamahan dalam industri pelayanan, kemudian para peserta akan mempraktekan cara berinteraksi saat berhadapan dengan tamu agar dapat menciptakan moment of truth. Dalam pelatihan ini masyarakat sasar akan dilatih untuk terbiasa memberikan pelayanan sesuai modul yang telah disiapkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *