Pelatihan Diversifikasi Produk Berbasis Jamur Tiram dan Ikan Lele Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan UMKM Desa Sukapura

Desa Sukapura ialah desa yang berada di wilayah Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung dan merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kawasan Pendidikan Telkom. Penduduk Desa Sukapura berjumlah sekitar 9000 jiwa. Berlatar belakang dengan melimpahnya hasil panen singkong, jamur tiram dan ikan lele, khususnya didesa sukapura, dimana desa sukapura merupakan salah satu daerah penghasil ikan lele dan jamur tiram di kabupaten bandung. Sebagai daerah di kabupaten bandung yang menghasilkan singkong, jamur tiram dan ikan lele, UMKM di desa sukapura hanya menghasilkan singkong, jamur tiram, dan ikan lele tanpa bisa mengolah atau membuat produk yang lebih menarik untuk dijual Kembali. Oleh sebab itu pelatihan ini dimaksudkan untuk membantu para pelaku UMKM untuk dapat mengolah singkong, jamur tiram dan ikan lele agar lebih diminati oleh konsumen.

Masyarakat sasar yang diajukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah Ibu/Bapak yang tergabung dalam Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah desa sukapura yang kebanyakan yang merupakan warga sukapura Kabupaten Bandung. Adapun permasalah yang terjadi pada masyarakat yang kami sasar adalah keterbatasan edukasi tentang inovasi dan keterampilan dalam inovasi pengolahan produk produk sehingga mereka tidak dapat mengembangkan diri dalam kegiatan wirausaha ataupun melakukan pengembangan produk untuk kegiatan-kegiatan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah.

Kebanyakan latar belakang pendidikan ibu-bapak di Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah desa sukapura adalah sekolah dasar, dan kegiatan sehari-harinya adalah ibu rumah tangga, sehingga perlunya pelatihan untuk mengedukasi atau penambah pengetahuan kepada Ibu Bapak pelaku Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah dedsas sukapura untuk mengembangkan diriagar dapat mengembangkan kegitan dalam untuk kegiatan usahanya.

Masalah yang di hadapi adalah lingkungan dalam hal ini tempat pengolahan yang kurang terawat dan banyaknya peralatan dapur yang belum tersedia. Keterbatasan informasi dan keterampilan para pelaku Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah desa sukapura ini sehingga diperlukan banyak pelatihan dan edukasi bagi para pelaku Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah desa sukapura agar dapat mengembangkan usahanya.

Ditulis oleh : Dendi Gusnadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.