Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Prodi D3 Perhotelan, tahun 2020

Situasi pandemi Covid 19 yang sedang melanda dunia, tidak menyurutkan semangat dosen-dosen D3 Perhotelan untuk melakukan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM). Dengan menggunakan skema regular, sumber pendanaan internal Telkom University, pada periode 2 tahun 2020 ini telah dilaksanakan 4 program PKM dengan lancar.
2 program dilakukan secara langsung dengan mematuhi protokol Kesehatan, dan 2 program lainnya dilakukan secara daring. 2 Program PKM yang dilaksanakan secara langsung diketuai oleh dosen D3 Perhotelan Ratu Ratna, dan Edwin Baharta, dengan judul:
1. PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) HOMEMADE PRAKTIS DAN MENU ANAK BERGIZI SEIMBANG, BAGI KADER POSYANDU DI KELURAHAN SUKAWARNA, SARIJADI, BANDUNG.
2. PELATIHAN INOVASI PRODUK BERBASIS UBI UNGU SEBAGAI MAKANAN POKOK PENGGANTI UNTUK IBU-IBU PKK DI KELURAHAN SUKAWARNA, KECAMATAN SUKAJADI KOTA BANDUNG
Dilaksanakan pada hari senin, tanggal 9 November 2020, Kader dan Anggota Posyandu di Kelurahan Sukawarna, Sarijadi, Bandung hadir di Hotel xxx. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan, walaupun acara diselenggarakan bersamaan dengan pelatihan lainnya (pembuatan Web Desa), namun praktik membuat makanan merupakan hal yang sangat menarik bagi peserta.
Pelatihan dilaksanakan di Hotel, tempat ini dipilih agar peserta dan panitia pelaksana dapat melangsungkan kegiatan sekaligus dapat mematuhi protocol Kesehatan yang berlaku.

2 Program lainnya dilakukan secara daring pada hari Senin 14 Desember 2020 lalu. Diketuai oleh Dosen Prodi D3 Perhotelan Nurlena, dan Suryana H. Achmad, dengan judul:

1. PELATIHAN DEEP CLEANING FASILITAS UMUM SEBAGAI USAHA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS KORONA, BAGI WARGA DESA CITEUREUP, JALAN RADIO PALASARI, RT. 4, DAYEUHKOLOT
2. PELATIHAN PERSONAL HYGIENE DAN PENYIAPAN NUTRISI HARIAN KELUARGA DI MASA PANDEMIK COVID-19, BAGI WARGA DESA CITEUREUP, JALAN RADIO PALASARI, RT. 4, DAYEUHKOLOT
Sore itu dilakukan serah terima barang untuk warga Desa Citeureup, RT.04. Diwakili oleh dosen D3 Perhotelan Nurlena kepada ketua RT 04 Asep S. Barang yang diberikan berupa alat dan bahan pembersih yang akan dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan fasilitas umum di RT.04. Selain itu, diserahkan pula paket nutrisi harian keluarga yang dikhususkan bagi balita.
Karena situasi pandemic dan lokasi termasuk dalam zona merah, program ini tidak dapat dilaksanakan secara langsung, namun dilakukan secara online melaui WA Grup Warga pada malam harinya.
Warga sangat antusisas menyimak materi yang disampaikan, dan berharap dapat program PKM ini dapat berlanjut dengan tema-tema lain yang bermanfaat bagi warga.


DHO Team

Leave a Reply

Your email address will not be published.