SOSIALISASI INDUSTRI MICE SEBAGAI ALTERNATIF LAPANGAN PEKERJAAN

SOSIALISASI INDUSTRI MICE SEBAGAI ALTERNATIF LAPANGAN PEKERJAAN

Pengabdian masyarakat yang kami rencanakan ini memiliki maksud untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Taruna Nusantara Jaya dengan membekali guru dan siswa pelatihan MICE sebagai salah satu alternative Usaha bagi lulusan akomodasi perhotelan. Selama ini SMK dinilai tidak mampu memberikan kompetensi cukup kepada siswanya untuk langsung bisa bekerja. Salah satu penyebabnya, sarana prasarana dan kualitas guru SMK belum maksimal. Kualitas lulusan SMK banyak yang tidak sesuai dengan permintaan pasar tenaga kerja saat ini, sehingga pada akhirnya melahirkan banyak penggangguran. Kompetensi yang masih rendah menjadi alasan bertambahnya pengangguran lulusan dari SMK. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan guru dan siswa di SMK Taruna Nusantara Jaya mendapatkan pengetahuan mengenai cara membuka Peluang Usaha di bidang MICE untuk mendukung usaha di bidang Akomdasi Perhotelan.

SMK Taruna Nusantara jaya terletak di Jalan Raya Purwakrta Kampung Warga Saluyu RT 01 RW 15 Cisomang Barat Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung. Di SMK Taruna Jaya Memiliki 12 Jurusan, dan salah satunya Juruan Akomodasi Perhotelan. SMk taruna Nusantara Jaya memiliki siswa lebih dari 200 orang, dan disana ada 17 orang guru pengajar.

Sebagian besar lulusan SMK bekerja pada perhotelan di Kota Bandung banyak lulusan SMK kalah bersaing. Untuk itu perlu kiranya pengenalan industri Industri MICE agar para lulusan SMK tidak hanya terpaku bekerja pada hotel – hotel namun juga Industri pada MICE. Dengan mengenal karakter bisnis MICE siswa dibekali dengan pengetahuan dan jenis- jenis usaha MICE. Dan bagi mereka yang akan bekerja di dunia perhotelan tentunya dapat menjadi tambahan bekal bagi mereka di kemudian hari. Sebagian besar kurikulum SMK tidak memberikan materi tentang MICE untuk itu perlu kiranya dilakukan Sosialisasi Potensi Industri guna meningkatkan waawasan siswa di Industri Pariwisata.

Pengabdian kepada masyarakat dengan dengan Sosialisasi Potensi Industri MICE sebagai Alternatif lapangan Pekerjaan di Bidang Pariwisata Bagi Siswa SMK Taruna Nusantara Perhotelan,yang dilakukan dengan metode presentasi dan praktek kerja. Dengan tahapan kerja yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Metode ceramah

Masyarakat sasar dibekali dengan materi tentang pentingnya higiene dan sanitasi Dengan metode ceramah masyarakat sasar dapat mendengarkan dan mendapatkan inspirasi.

  1. Metode Diskusi

Dari hasil ceramah tersebut untuk mendapatkan feedback dari masyarakat sasar dapat bertukar pikiran terkait materi yang disampaikan.

  1. Metode Praktek

Evaluasi pelaksanaan program dapat dilakukan pada saat pelatihan dan evaluasi setelah pelaksanaan berlangsung. Pada saat pelatihan berlangsung dengan melihat hasil praktek dari mitra dan kemudian memberi saran dan masukkan. Sedangkan evaluasi setelah pelaksanaan dilakukan dengan monitoring atau berkunjung kembali ke mitra satu bulan setelah acara pelatihan berlangsung.

 

DHO Team

Leave a Reply

Your email address will not be published.